GAYA

4 Cara Mudah Dapat Pekerjaan di Tengah Pandemi Covid-19

“Itulah pentingnya memanfaatkan jejaring dan terus merekatkan hubungan dengan teman-teman karena kita tidak pernah tahu, kapan waktunya kita akan membutuhkan pertolongan mereka,” kata Dosen Manajemen Komunikasi di Ivey Business School, Jana Seijts.

PANDEMI Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan namun juga ekonomi. Memang, akibat merebaknya virus corona, beberapa perusahaan tidak bisa berjalan dengan maksimal sehingga menyebabkan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

Tentunya bukan hal yang mudah untuk menjadi pengangguran di tengah krisis. Terlebih, akan sangat sulit pula jika harus mendaftar dan mencari pekerjaan baru guna menafkahi keluarga. Namun, bukan berarti tak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Situs CNBC dan Forbes membagikan beberapa cara melihat peluang agar diterima kerja meski saat wabah Covid-19.

Memperbaharui CV dan melihat lowongan pada situs lapangan kerja online

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah senantiasa memperbaharui Curriculum Vitae (CV) sebab perusahaan selalu menilai kemampuan berdasarkan apa yang sudah dikerjakan dari masa lampau hingga sebelum mendaftar kerja. Jangan lupa pula untuk melihat dan mendaftar pada situs lapangan kerja online. Beberapa di antaranya termasuk LinkedIn, Jobvite, dan Jobstreet.

“Menurut survei yang dikerjakan pada perusahaan di tengah pandemi Covid-19, 58 persen lowongan pekerjaan akan dibuka lewat online. Peluang ini harus dimanfaatkan oleh para karyawan yang ingin mencari pekerjaan baru,” kata CEO Jobvite, Aman Brar.

Mendaftar pada perusahaan yang banyak dibutuhkan selama pandemi

Melihat peluang lain, Anda juga disarankan untuk mencoba peruntungan pada perusahaan yang banyak dibutuhkan selama pandemi Covid-19. Contohnya perusahaan obat-obatan, tenaga medis, pembuat masker dan alat pelindung diri, hingga kurir pengantar barang.

Berdasarkan survei dari Society of Human Resource Management (SHRM), 31 persen bidang kesehatan membutuhkan tenaga tambahan. Begitu pula dengan rekrutmen penjualan online yang meningkat 16 persen karena kebutuhan berbelanja secara virtual di tengah pandemi Covid-19.

Mencari peluang lewat jaringan

Cara efektif lainnya dalam mencari pekerjaan yang bisa dilakukan adalah dengan memaksimalkan jaringan atau teman-teman di sekitar. Tentu ada beberapa teman yang mungkin memiliki posisi atau pengaruh dalam suatu perusahaan. Jika ada lowongan kerja yang cocok dengan kriteria Anda, mereka pasti bisa membantu merekomendasikan Anda untuk masuk.

“Itulah pentingnya memanfaatkan jejaring dan terus merekatkan hubungan dengan teman-teman karena kita tidak pernah tahu, kapan waktunya kita akan membutuhkan pertolongan mereka,” kata Dosen Manajemen Komunikasi di Ivey Business School, Jana Seijts.

Membuka lapangan kerja sendiri

Jika ingin cepat bekerja dan memperoleh penghasilan, Anda juga bisa menjadi wirausahawan. Namun, perlu dipahami mencari jenis barang atau jasa yang akan ditawarkan harus terencana dengan matang sebab ini akan berdampak pada kesuksesan dalam menjalani bisnis.

Sebaiknya, bisnis yang dibuka adalah sesuatu yang dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19. Harapannya ini laku dipasaran dan Anda bisa mendapat keuntungan. “Tapi jangan lupa memperhatikan kualitas agar pelanggan tidak kecewa dan melakukan pemesanan ulang,” kata Profesor Kewirausahaan di Universitas Ottawa, David Crick.

Sumber : TEMPO

Komentar

0 Komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Baru

To Top