Beplus Indonesia

Manfaat Kesehatan yang Terkandung dalam Nutrisi Buah Rambutan

BUAH rambutan (Nephelium lappaceum) yang sudah matang rasanya manis dan menyegarkan. Ciri buah ini terutama di kulitnya merujuk seperti namanya. Kulit rambutan muda berwarna hijau. Jika sudah matang warnanya merah agak kuning. Isinya berwarna putih.

Rambutan tak hanya soal rasa, tapi buah itu juga mengandung manfaat untuk kesehatan, seperti dikutip dari Healthline.

Rambutan mengandung serat yang berguna mencegah sembelit dan memperbaiki gejala gangguan usus. Serat larut dalam rambutan menyediakan makanan untuk bakteri baik dalam usus. Bakteri baik akan menghasilkan asam lemak rantai pendek, seperti asetat, propionat, dan butirat, yang menjadi asupan sel usus.

Rambutan rendah kalori, tapi banyak mengandung air dan serat. Kombinasi ini berguna mencegah makan terlalu banyak, karena rasa kenyang yang lebih lama. Buah rambutan cocok untuk dikonsumsi dalam program diet untuk membantu menurunkan berat badan. Serat larut dalam rambutan menjaga cairan tubuh dan membantu penyerapan nutrisi.

Buah rambutan bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C akan memproduksi sel darah putih yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi.

Mengutip WebMD, rambutan mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan sebagai nutrisi penting untuk tubuh. Rambutan juga banyak mengandum potasium, mineral yang membantu kinerja jantung, ginjal, otot.

(*)

Sumber : Healthline | Tempo

Komentar

0 Komentar