Beplus Indonesia

Cara ‘Remove’ Iklan-Iklan Nggak Jelas di Ponsel

PERNAH nggak ponsel kalian tiba-tiba memunculkan iklan-iklan tak jelas? Jika pernah, kalian harus berhati-hati, karena iklan-iklan tersebut biasanya membuat ponsel rentan terserang virus berbahaya.

Iklan-iklan tersebut juga menyebabkan penginstalan aplikasi tak jelas tanpa izin pada perangkat.

Iklan yang tiba-tiba muncul di ponsel atau perangkat komputer ini dinamakan adware. Pada dasarnya, adware merupakan sebuah perangkat lunak yang bisa memunculkan iklan, serta seringkali terpasang tanpa sepengetahuan pemilik perangkat.

Untuk mencegah ponsel disusupi adware, alangkah baiknya kalian mengikuti langkah-langkah berikut.

Jangan klik iklan atau link

Hindari mengklik tampilan iklan atau link pada situs yang sedang kalian kunjungi, apalagi situs-situs tersebut merupakan situs illegal, seperti situs judi, streaming illegal, dan lainnya.

Situs-situs ini biasanya banyak menampilkan iklan yang kadang mengecoh pengunjung.

Pakai antivirus

Jangan lupa menggunakan aplikasi antivirus untuk mendeteksi kondisi perangkat kalian.

Periksa kembali sebelum instal aplikasi

ketika ingin menginstal sebuah aplikasi, harap periksa kembali aplikasi tersebut dengan membaca informasi dan deskripsi yang tertera.

Jika ponsel terkena adware, lakukan ini

Lalu, bagaimana jika ponsel sudah terkena adware? Jika ponsel sudah terlanjur menampilkan iklan-iklan adware, maka kalian bisa melakukan dua hal.

Pertama, periksa apakah ada aplikasi mencurigakan terpasang pada ponsel kalian. Jika ada, hapus aplikasi yang mencurigakan dan menyebabkan munculnya adware pada ponsel.

Kedua, jika adware terus menerus muncul meski sudah menghapus aplikasi yang menyebabkan adanya adware, kalian bisa melakukan factory reset untuk mengembalikan kondisi ponsel seperti semula.

(*)

Komentar

0 Komentar