BATAM

Pergantian Tahun, Beberapa Ruas Jalan di Sekitar Engku Puteri Ditutup

Ilustrasi

BEBERAPA ruas jalan di sekitaran Dataran Engku Putri akan ditutup pada minggu (32/12) ini. Penutupan akan filakukan mulai pukul 18.00.

Dirlantas Polda Kepri AKBP Yuli Kurniawan menuturkan jalan yang ditutup itu yakni Jalan Raja H Fisabiillah, Engku Putri, dan Ahmad Yani.

“Bagi masyarakat yang ingin masuk ke Dataran Engku Putri, kami menyediakan kantong-kantor parkir,” katanya.

Yuli mengatakan pihaknya menyediakan lima kantong parkir, yang terletak di di Kantor BP Batam, Jasa Raharja, BPJS, Asrama Haji dan PT Gas. Tempat parkir ini disediakan karena kendaraan mulai pukul 18.00 (31/12) sudah tidak bisa memasuki jalan-jalan di Kawasan Engku Putri.

“Ada jalan yang biasanya dua arah, kami jadikan satu arah saja,” ucap Yuli.

Jalan di depan kantor BPJS biasanya dua arah, saat 31 Desember hanya satu arah dari persimpangan Jalan Ahmad Yani menuju ke Jalan Raja M Tahir. Begitu juga jalan dari Polsek Batamkota menuju bundara Pusat Informasi Haji.

“Nantinya setiap persimpangan akan dijaga olah Polantas, mengatur arus lalulintas kendaraan,” ujarnya.

Yuli mengatakan tidak hanya persimpangan sekitaran Batam Center saja yang akan dijaga oleh Polisi Lalu Lintas (Polantas). Tapi daerah-daerah yang akan menjadi pusat keramaian saat perayaan tahun baru. “Nagoya, Harbour Bay, Bukit Senyum,” tuturnya.

Sebanyak 100 personel Polantas yang diturunkan untuk menjaga arus lalu lintas tetap lancar selama perayaan tahun baru. Selain itu juga diperkuat dari satuan lainnya yakni Shabara, Intelkam, Reskrim. “Polda, Polresta, dan Polsek turun semua untuk pengamanan,” ungkapnya.

Ia menghimbau saat perayaan tahun baru nanti, masyarakat tetap mematuhi aturan berlalu-lintas. Hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.
“Bagi pengendara roda dua selalu memakai helm, roda empat menggunakan sabu pengaman. Dan paling penting berkendara dengan baik dan tidak ugal-ugalan,” ujarnya.

Pada 31 Desember itu ada beberapa kegiatan di Dataran Engku Putri. Dari pukul 18.00 berlangsung acara “Car Free Night”. Mendekati pergantian tahun baru, Pemko Batam mendatangkan band ibukota yakni Cokelat dan juga band lokal. Puncaknya saat pergantian tahun baru dimeriahkan dengan pesta kembang api.

Meriahnya acara saat pergantian tahun baru ini, tentunya bakal menyedot perhatian masyarakat. Sehingga hal ini diantisipasi pihak kepolisian, dengan memberikan pengamanan extra ketat. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dinas Pariwisata Kota Batam Pebrialin mengatakan pesta kembang api durasinya cukup lama. Dan ia berharap hal ini dapat menghibur masyarakat dan menarik wisatawan lebih banyak ke Batam. “Durasinya sekitar 15 menit,” tuturnya.

 

Komentar

0 Komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top