Beplus Indonesia

Bahayanya Jika Kamu Konsumsi Protein Hewani Berlebihan

Ilustrasi

JIKA kita mengonsumsi protein hewani berlebihan bisa meningkatkan risiko hati berlemak, terutama pada orang tua yang memiliki berat badan berlebih.

Fakta ini dijelaskan dalam International Liver Congress di Amsterdam, Belanda. Para peneliti melakukan analisis kesehatan dan asupan makan terhadap 3.400 orang usia 70 tahun ke atas di negara tersebut. Sekitar 70 persendiantaranya memiliki berat badan berlebih.

Hasilnya, orang tua dengan berat badan berlebih yang sekitar 37 persen asupan kalorinya berasal dari protein cenderung memiliki kondisi hati berlemak dibandingkan orang-orang yang memiliki berat badan normal.

“Hasil riset ini menunjukkan asupan proteinhewani berlebih memiliki hubungan dengan terjadinya kondisi hati berlemak pada orang tua dengan berat badan berlebih,” kata salah satu peneliti Louise Alferink dari Erasmus Medical Centre Rotterdam seperti dikutip dari Time.

Banyak orang tidak mengetahui, kehadiran lemak terlalu banyak di hati bisa memicu kankerhati serta mengembangkan penyakit kronik lain seperti diabetes dan kardiovaskular. Penelitimerekomendasikan bagi orang dengan risiko atau sudah mengalami kondisi hati berlemak untuk mendapatkan asupan protein dari tumbuhan seperti kacang tanah, kacang, produk kedelai, bayam dan brokoli.

(*)

 

Komentar

0 Komentar