Connect with us

Martin Cooper, Si Penemu “Handphone”

HISTORI

Martin Cooper, Si Penemu “Handphone”

Martin Cooper : © androidheadlines.com

Martin Cooper, Si Penemu “Handphone”

MARTIN Marty Cooper, lahir di Chicago, Illinois , USA 26 Desember 1928. Orang tuannya adalah seorang imigran dari Ukraina

Ia mendapatkan gelar sarjana Electrical Engineering pada tahun 1950.

Pada tahun 1957 ia mendapatkan Magister dalam bidang rekayasa elektronika dari Illinois Institute of Tehnology. Cooper dianggap sebagai penemu telepon genggam pertama dan orang pertama yang menggunakan panggilan dengan prototipe telepon genggam seluler pada 3 April 1973.

Copper mengungkapkan bahwa ia mendapatkan ide awal mengembangkan ponsel setelah menonton Kapten Kirk yang menggunakan suatu alat komunikator pada acara serial star trek.

Meskipun digelari bapak handphone, namun Martin Cooper tetap rendah diri dan mengganggap :

aku merupakan bagian dari semua hasil karya ini, tapi ini merupakan hasil kerja sama tim dan ratusan literatur orang-orang yang menciptakan visi tentang seluler seperti hari ini. Yang masih belum sempurna dan masih terus berupaya membuatnya lebih baik“.

Pada tahun 1992 Martin Cooper bergabung dengan Richard Roy seorang peneliti dari Universitas Stanford untuk membentuk Array Comm perusahaan yang mengkhususkan agar komunikasi seluler lebih efisien.

© britannica.com

Pada tahun 1995 Martin Cooper memperoleh penghargaan Wharton Infosys Business Transformation Award untuk inovasi tehnologi di bidang komunikasi.

Di tahun 2000, Cooper termasuk dalam top sepuluh pengusaha dalam majalah Red Herring. Selain itu pada tahun 2009 Martin Cooper bersama Raymond Tomlison dianugerahi Prince of Asturias sebuah penghargaan bagi penelitian ilmiah dan penelitian tehnis.

 

 

 

 

Komentari dengan Facebook
Lanjutkan
Kamu mungkin tertarik...
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang lain di HISTORI

Trending

Dukung Kami!

Yang BARU!

To Top