Connect with us

Mitos Mitos Dipercaya Bisa Membatalkan Puasa

BUDAYA

Mitos Mitos Dipercaya Bisa Membatalkan Puasa

Ilustrasi

Mitos Mitos Dipercaya Bisa Membatalkan Puasa

KITA sudah mulai memasuki momen puasa di bulan Ramadhan. Bagi yang menjalankan ibadah puasa, saat kecil kamu tentu pernah mengetahui berbagai mitos yang katanya bisa membatalkan puasa itu sendiri.

Tak hanya di kalangan anak-anak, beberapa mitos ini bahkan sering diungkapkan olah para orangtua.

Tujuannya tentu jelas, untuk membuat Anda lebih rajin dan tidak membatalkan puasa di saat kecil dulu.

Namun pada kenyataannya, sebagian dari kita dulu mungkin justru memercayai mitos-mitos ini, meskipun jelas mitos tersebut tidak berdasar sama sekali.

Namun seiring dengan berlalunya waktu, kamu tentu mulai menyadari bahwa berbagai mitos tersebut ada yang tidak benar dan bahkan terkesan sedikit lucu, bukan?

Simak beberapa mitos berikut ini, yang banyak dipercaya bisa membuat batal puasa seperti dikutip dari Cermati.com:

Menangis di Saat Puasa
Mitos yang satu ini mungkin menjadi yang paling sering kamu dengar di bulan puasa, yakni puasamu akan batal jika menangis. Hal ini menjadi salah satu alasan, mengapa tidak boleh menangis saat berpuasa.

Namun pada kenyataannya, menangis dan puasa bahkan tak ada hubungannya, apalagi membuat batal puasamu. Hal ini mungkin saja banyak diungkapkan di masa kecil, agar tidak menangis dan sekaligus tidak membuat puasamu batal.

Kumur-Kumur saat Sedang Puasa
Kebanyakan orang akan menghindari aktifitas yang satu ini saat berpuasa, sebab kumur-kumur dianggap bisa membatalkan puasa.

Padahal jika ditilik lebih dalam lagi, kumur-kumur ini bahkan tak berpengaruh sama sekali dengan puasa yang kamu jalankan.

Kumur-kumur boleh saja, asalkan air berkumurnya tidak sampai kamu telan. Air berkumur yang tertelan inilah yang bisa membatalkan puasamu, apalagi kalau sampai tertelan setengah gayung.

Gosok Gigi di Saat Berpuasa
Banyak orang yang percaya bahwa menggosok gigi saat berpuasa, bisa membatalkan puasanya. Padahal kenyataannya, aktifitas yang satu ini tidak dilarang sama sekali.

Meski hukumnya makruh, namun menggosok gigi saat sedang berpuasa tidaklah dilarang, selama tidak ada cairan yang tertelan saat melakukan aktifitas yang satu ini.

Namun meski begitu, kebanyakan orang sepertinya masih tetap menghindari aktifitas ini saat berpuasa dan memilih melakukannya setelah berbuka puasa saja.

Padahal, dengan menggosok gigi itu bisa membuat aroma segar pada mulut saat berpuasa, bukan?

Disuntik saat Berpuasa
Ada banyak orang yang menolak untuk disuntik saat sedang berpuasa, sebab aktifitas yang satu ini dianggap bisa membatalkan puasa.

Padahal kenyataannya, cairan yang disuntikkan ke dalam tubuh dengan tujuan pengobatan, tidak akan membatalkan puasa itu sendiri.

Berbohong saat Berpuasa
Berbohong ketika sedang berpuasa, akan membatalkan puasa yang kamu lakukan. Hal ini mungkin menjadi mitos lainnya yang begitu familiar pada pendengaran, setelah mitos menangis bisa membatalkan puasa.

Berbohong merupakan salah satu tindakan yang tidak benar dan membuat kita berdosa, itulah mengapa hal ini selalu dilarang.

Namun meski menimbulkan dosa, bukan berarti berbohong akan membuat batal puasa kamu tentunya. Akan tetapi hal ini justru akan mengurangi pahala yang kamu dapatkan selama berpuasa.

Menggunakan Obat Tetes Mata
Menggunakan obat tetes mata saat berpuasa, akan membuat puasa kamu batal.

Obat tetes mata yang berupa cairan ini memang masuk ke dalam tubuh Anda atau tapatnya ke dalam mata. Namun yang jelas, cairan ini tentu tidak ditelan ketika menggunakannya, bukan?

Artinya, puasa kamu tidak akan batal, hanya karena meneteskan cairan obat ini pada kedua mata.

Berisik
Kalau berisik dan tidak bisa diam, maka puasa akan batal dan tidak medapatkan pahala.

Mitos yang satu ini sering diucapkan orangtua kepada anak-anaknya, barangkali kamu juga mendengarnya saat masih kecil. Kenyataannya, aktifitas seperti ini akan membuat kamu aktif dan banyak bicara, sehingga rentan haus dan mungkin akan berniat untuk membatalkan puasa.

 

Sumber : cermati.com

Komentari dengan Facebook
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang lain di BUDAYA

Trending

Dukung Kami!

Yang BARU!

To Top