Connect with us

Penelitian ini Sebut Bahasa Indonesia Sulit Dikenali

Culture

Penelitian ini Sebut Bahasa Indonesia Sulit Dikenali

Ilustrasi

Penelitian ini Sebut Bahasa Indonesia Sulit Dikenali

RATA – RATA kita menguasai satu, dua atau mungkin tiga hingga lima bahasa berbeda. Jika ada yang bertutur dengan bahasa yang tidak kita mengerti, biasanya kita menebak asal bahasa dari logat, ritme atau penanda khusus lain.

Tapi, hal tersebut tidak berlaku pada segelintir bahasa lain di dunia.

Dilansir dari laman Indy100.com, Bahasa Kannada, yang digunakan oleh sekitar 40 juta orang di selatan India, disebut sebagai bahasa yang paling tidak dikenal di dunia.

Memang, hal ini  terungkap hanya dalam sebuah studi linguistik pada The Great Language Game. Sebuah permainan tebak online di mana pemain diminta untuk mendengarkan cuplikan suara, lalu menebak bahasa apa yang diucapkan dari beberapa pilihan jawaban.

Kedekatan geografis antara bahasa satu dan bahasa lainnya kerap membuat orang salah menebaknya.

Sebagai contoh bahasa Kannada, yang kerap disalahartikan sebagai bahasa Kerala, bahasa yang paling banyak dituturkan di selatan India. Padahal faktanya, bahasa Kannada merupakan bagian dari bahasa Punjabi yang berakar di kawasan sekitar Himalaya.

Kasus serupa juga terjadi pada bahasa Rumania dan Bulgaria yang kerap mengecoh pemain permainan terkait. Sejatinya, kedua bahasa tersebut tidak berbagi akar yang sama, kecuali kemungkinan kemiripan dialek akibat lokasi wilayahnya yang bertetangga.

Berdasarkan pelacakan alamat IP, Eropa adalah kawasan yang paling banyak mengakses permainan online ini, yakni lebih dari tujuh juta akses. Di belakangnya diikuti oleh kawasan Amerika Utara sebanyak hampir 6 juta orang.

Adapun jumlah akses dari wilayah-wilayah lainnya, termasuk Asia, hanya tercatat tidak lebih dari 1,6 juta akses.

Penelitian yang dipimpin oleh Hedvig Skirgård, seorang mahasiswa program doktoral di London School of Science and Technology, juga menyebut kualitas rekaman audio bisa memengaruhi perkiraan menebak 78 bahasa yang dimainkan.

Menariknya, hasil studi tersebut juga menyebut bahasa Indonesia sebagai peringkat ke-10 bahasa yang paling sulit dikenali di dunia. Konon, bahasa Indonesia disebut memiliki logat lurus, yakni logat yang hampir tidak berirama saat diucapkan, sehingga membuat banyak orang kebingungan menentukan dari mana bahasa terkait berasal.

Berikut adalah daftar 10 bahasa yang paling tidak dikenali di dunia (persentase berdasarkan jawaban yang benar/mengenali):

1. Kannada – 39 %

2. Fiji – 41,5 %

3. Shona – 43,87 %

4. Dinka – 44,13 %

5. Hausa – 44,5 %

6. Tigrinya – 45,53 %

7. Efate Selatan – 45,86 %

8. Dari – 46,38 %

9. Maltese – 47,98 %

10. Indonesia – 49,38 %

 

Source : Indy100 / Liputan 6

 

Facebook Comments
Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culture

Advertisement

PILIHAN EDITOR

Advertisement

Dukung Kami!

To Top