Connect with us

Kiprah Sutradara Wanita yang Jarang Dilirik Golden Globe

GAYA

Kiprah Sutradara Wanita yang Jarang Dilirik Golden Globe

Golden Globe : AP

Kiprah Sutradara Wanita yang Jarang Dilirik Golden Globe

NOMINATOR Golden Globe 2018 baru saja diumumkan pada Senin (11/12) kemarin. Salah satu kategori yang paling disorot adalah kategori Sutradara Terbaik. Selama dua dekade terakhir, kategori ini bisa dikatakan minim partisipasi nominator wanita.

Dikutip dari laman The Verge, hanya tiga wanita yang namanya pernah masuk nominasi Sutradara Terbaik dan tidak ada satu pun yang keluar sebagai pemenang. Nominasi Golden Globe 2018 menetapkan lima sutradara terbaik dan semuanya adalah kaum adam.

Mereka adalah Guillermo del Toro (Shape of Water), Martin McDonagh (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri), Christopher Nolan (Dunkirk), Ridley Scott (All The Money in The World), dan Steven Spielberg (The Post).

Padahal jika diperhatikan industri film AS banyak melahirkan sutradara-sutradara wanita berbakat. Debut sutradara wanita Greta Gerwig dalam film Lady Bird dinominasikan sebagai Film Musikal atau Komedi Terbaik di Golden Globe 2018.

Sebelumnya The New York Times memuji karya Gerwig sebagai ‘karya yang sempurna’. Lady Bird juga telah menyabet Film Terbaik dalam ajang The New York Film Critics Circle. Film tersebut juga pernah memecahkan rekor box office untuk kategori film independen.

Pada Mei silam, Sofia Coppola hadir dengan debutnya The Beguiled. Ia menjadi wanita kedua dalam 70 tahun yang berhasil menang sebagai Sutradara Terbaik pada Cannes Film Festival. Namun karya apik Coppola rupanya belum menarik minat juri Golden Globe 2018.

Patty Jenkins yang sukses menggarap Wonder Woman juga mengalami nasib serupa. Kendati karyanya mendulang pujian dan disebut sebagai salah satu film superhero terbaik sepanjang masa, hasil kerja Jenkins belum diperhitungkan untuk masuk nominasi Golden Globe.

Selama 20 tahun terakhir hanya tiga nama wanita yang masuk sebagai nominasi Sutradara Terbaik. Mereka adalah Sofia Coppola (2003), Kathryn Bigelow (2009,2012), dan Ava Duvernay (2014).

Golden Globes adalah ajang yang memberikan penghargaan kepada karya layar lebar dan televisi. Walau terkesan campur aduk namun Golden Globe adalah indikator yang ikut memengaruhi nominasi Piala Oscar.

Source : The Verge / New York Times / Republika
Komentari dengan Facebook
Lanjutkan
Kamu mungkin tertarik...
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yang lain di GAYA

BP Kawasan Batam mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H.

PLN – Gratis Naik Daya

Advertisement

YANG BARU!

Advertisement

Dukung Kami!

To Top