Connect with us

Mencari Cantik Dengan Tanam Benang

GAYA

Mencari Cantik Dengan Tanam Benang

Ilustrasi : Tangkapan layar Youtube.com

Mencari Cantik Dengan Tanam Benang

TREN mempercantik diri dengan metode thread lift atau tanam benang di dianggap bisa membuat muka yang mulai kendur jadi kencang. 

Di zaman milenial seperti sekarang, dokter kecantikan pun banyak diburu banyak orang. Terutama oleh kaum perempuan untuk mendapatkan kulit yang muda dan kencang.

Beberapa kalangan menilai, kebanyakan alasan mereka melakukan tindakan ini adalah untuk kepuasan diri sendiri, karena akan berpengaruh ke mood diri mereka. Dengan prosedur ini mereka merasa punya diri yang baru dan lebih percaya diri. Bener nggak, sih?

Alasan lain yang dianggap jadi pemicu populernya prosedur kecantikan ini adalah karena mereka kurang puas dengan kondisi wajahnya saat ini.

Thread lift atau tanam benang adalah terapi untuk memberikan efek lifting atau mengangkat atau mengencangkan wajah dengan cara memasukkan benang khusus di bawah permukaan kulit.

Teknis thread lift sendiri berupa jarum dimasukkan ke bawah kulit wajah dan kemudian dimasukkan benang hingga keluar di pola yang diinginkan.

Kemudian kulit ditarik dan sisa benang dipotong. Prosedur ini mirip dengan mengencangkan bagian pakaian yang kendur.

Ilustrasi

Thread lift biasanya menggunakan dua jenis benang yaitu yang dapat diserap tubuh seperti benang operasi sesar, dan benang tidak terserap berbahan polypropilene.

Namun sebenarnya teknis yang hanya mengangkat kulit semata ini tak serta merta mengencangkan wajah.

“Karena kulitnya saja yang diangkat dan dipancang, namun otot di bawah kulit yang lebih berat dan ikut kendur tak disertakan. Ini yang akhirnya membuat hasil thread lift kembali lagi seperti semula,” kata seorang dokter spesialis bedah dan kecantikan dari klinik Ultimo, Enrina Diah.

Selain itu, Erina juga mengatakan bahwa tanam benang sebenarnya memiliki risikonya sendiri. Banyak perempuan yang akhirnya menyesali keputusannya dan harus kembali ke dokter karena mengalami gangguan, infeksi, nanah, sampai komplikasi pasca tanam benang.

Gangguan lain yang mungkin dialami antara lain wajah yang berubah asimetri, benang terlihat di bawah kulit, kulit wajah menjadi bergelombang, benang berpindah atau keluar dari kulit.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2007 menemukan bahwa 6,4 persen prosedur thread lift kembali seperti semula dan 2,5 persen terjadi kasus benang keluar dari kulit. Dan penelitian yang dirilis Dermatology Surgery pada 2015 menemukan bahwa ada kasus reaksi radang kronis delapan tahun setelah penanaman benang di pelipis.

Penelitian yang dirilis dalam JAMA Facial Plastic Surgery 2009 lalu menyebutkan bahwa hasil jangka panjang penanaman benang justru menimbulkan rupa yang buruk, setidaknya 21 bulan setelah prosedur diterapkan.

Laman alodokter menyebut Prosedur tanam benang memang bisa membantu meremajakan kulit wajah. Ketimbang operasi plastik, mengencangkan wajah dengan cara ini tergolong murah.

Harga satu benang berkisar antara 100 ribu hingga jutaan rupiah. Bandingkan dengan operasi plastik yang harganya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Tapi, peremajaan kulit memakai metode tanam benang sifatnya hanya sementara. Efeknya hanya berlangsung satu hingga dua tahun saja. Setelah itu, benang baru harus kembali ditanam untuk menjaga tampilan kulit wajah Anda.

Melihat efek samping dan risiko yang mungkin dapat terjadi saat prosedur, apalagi jika Anda harus mengulang-ulang tindakan yang sama guna mempertahankan efeknya, para ahli menetapkan bahwa tanam benang tidak cocok digunakan untuk peremajaan kulit.

 

Deretan Artis yang Tanam Benang Demi Kecantikan

BELUM lama ini, aktris Rina Nose menyedot perhatian lantaran mempercantik diri dengan menanam benang atau filler di wajahnya. Alhasil, wajahnya tampak lebih tirus dari sebelumnya.

Bukan hanya Rina Nose. Sejumlah selebriti Tanah Air juga secara terang-terangan mengaku melakukan tanam benang untuk mempercantik diri.

Trik tanam benang ini memang tengah marak. Sebab, dibanding operasi pelastik, cara ini dinilai lebih aman. Sehingga tak membuat khawatir dengan efeknya.

Lalu siapa saja seleb lain yang melakukan trik ini?

Ussy Sulistiawati

Pada 2014 lalu, perawatan tanam benang pun jadi pilihan istri Andhika Pratama untuk tetap tampil menawan. Ussy memilih tanam benang lantaran ingin mewujudkan keinginan suaminya yang tak mau wajahnya berubah.

Maia Estianty

Agar penampilannya tetap awet muda, mantan istri Ahmad Dhani ini memilih tanam benang. Perawatan ini dilakukannya sejak 2008 lalu. Sudah tahu, kan, rahasia Maia?

Widi Vierra

Lama tak terlihat, Widi muncul dengan penampilan berbeda. Ya, hidung vokalis band Vierra ini lebih mancung. Dia mengaku sudah melakukan tanam benang untuk memperbaiki bentuk hidungnya.

Wulan Guritno

Jika kebanyakan orang melakukan tanam benang di wajah, lain halnya dengan Wulan Guritno. Artis cantik ini memilih melakukan di bagian perut untuk mengecilkan perut. Dibantu dengan berbagai olahraga, Wulan pun berhasil mendapatkan perut ratanya dengan kencang.

Source : CNN / Alodokter / Dream

 

 

Komentari dengan Facebook
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang lain di GAYA

Trending

Dukung Kami!

Yang BARU!

To Top