Connect with us

Dollar Singapura Tembus di atas Sepuluh Ribu Rupiah

Batam

Dollar Singapura Tembus di atas Sepuluh Ribu Rupiah

Foto Dollar Singapura : Todayonline

Dollar Singapura Tembus di atas Sepuluh Ribu Rupiah

PADA transaksi mata uang, nilai tukar dolar Singapura terhadap rupiah terus menguat. Menjelang akhir pekan ini, harga jualnya menembus angka Rp 10.031 per dolar Singapura (SGD).

Menguatnya mata uang Singapura ini dikarenakan beberapa hal. Antara lain karena kondisi ekonomi Singapura yang membaik. Di antara penyebabnya adalah meningkatnya permintaan komoditas elektronika. Bahkan peningkatannya melebihi ekspektasi pemerintah setempat.

Selain itu, dolar Singapura menguat karena tumbuhnya sentimen yang terjadi akibat kenaikan suku bunga di Amerika. Sehingga ada aliran uang asing yang masuk ke Singapura.

Manajer Analisis BI Perwakilan Kepri, Wahyu Setyoko mengatakan, meski dolar Singapura menguat, tidak berarti rupiah melemah. Wahyu memastikan, sampai saat ini stabilitas mata uang rupiah masih terjaga. Namun begitu, BI akan tetap mewaspadai situasi ini dengan terus memantau reaksi di lapangan.

“Ketika kondisi tidak membaik, maka BI akan masuk ke pasar dan berlakukan operasi moneter untuk menstabilkan nilai rupiah,” katanya.

Tujuannya adalah untuk menjaga iklim investasi agar tetap kondusif. “Supaya importir tidak khawatir,” katanya lagi.

Sementara  Ketua Umum Asosiasi Pedagang Valuta Asing (APVA) Indonesia, Amat Tantoso seperti dilansir Batam Pos ,mengatakan anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Singapura kerap terjadi di akhir tahun, antara November dan Desember. Ini dikarenakan tingginya permintaan mata uang asing, khususnya dolar Singapura.

Amat menduga, hal ini terjadi karena banyak pengusaha yang masih bertransaksi dengan mata uang asing. Termasuk dolar Singapura. Transaksi tersebut biasanya berupa pelunasan utang atau biaya proyek.

(vie)

 

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Batam

Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1439 Hijriah

PLN – Gratis Naik Daya

Advertisement

YANG BARU!

Advertisement

Dukung Kami!

To Top