Connect with us

Batam Masuk Musim Penghujan

Batam

Batam Masuk Musim Penghujan

Ilustrasi hujan

Batam Masuk Musim Penghujan

KOTA Batam maupun Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) secara umum, mulai memasuki puncak musim hujan pada November ini.

“Kepri termasuk non zona musim atau tidak ada musim hujan dan kemarau, tapi saat ini sedang memasuki puncak hujan,” kata Suratman, prakirawan di BMKG Hang Nadim Batam,  pada kegiatan sosialisasi dan peningkatan pelayanan MKG dan diskusi informasi cuaca.

Menurut Suratman, sosialisasi peningkatkan pelayanan MKG bertujuan agar masyarakat memahami pentingnya BMKG bagi terutama untuk menunjang keselamatan transportasi darat, laut dan udara serta pertanian.

Prakirawan BMKG Hang Nadim Nizam Mawardi menambahkan pada Mei hingga Juni, Provinsi Kepri lebih banyak hujan lokal, sementara minimal hujan terjadi setiap Februari.

“Saat ini merata, hasil verifikasinya (curah hujan) 75 persen ke atas,” kata Nizam. Ia mengatakan masyarakat dapat mengakses website BMKG Hang Nadim Batam untuk mengetahui kondisi cuaca.

Selain itu pihaknya juga memiliki media sosial yang selalu mengupdate kondisi cuaca baik di batam maupun secara keseluruhan wilayah di Provinsi Kepri.

Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam lainnya Adhitya Prakoso mengatakan mereka selalu memberitahukan kepada khalayak ramai mengenai kondisi cuaca 10 menit sebelum kejadian.

“Sepuluh menit sebelum kejadian (hujan), kita sudah harus mengirimkan early warning,” katanya.

BMKG Hang Nadim memprakirakan cuaca hari ini masih terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang. Sementara pada Kamis (16/11) berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai angin kencang.

Untuk aktivitas kelautan dan transportasi laut diimbau agar berhati-hati terhadap arus laut yang cukup kuat diperairan Batam, Bintan, Karimun, Natuna dan Anambas.

Source : Antara

 

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Batam

Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1439 Hijriah

Advertisement

YANG BARU!

Advertisement

Dukung Kami!

To Top