Connect with us

Tentang Nasi Kotak Pemko Batam yang Seharga Rp 50 Ribu/ Kotak

Batam

Tentang Nasi Kotak Pemko Batam yang Seharga Rp 50 Ribu/ Kotak

Ilustrasi nasi kotak : Naboxparah

Tentang Nasi Kotak Pemko Batam yang Seharga Rp 50 Ribu/ Kotak

ANGGARAN makan di sekretariat Pemerintah kota Batam dipertanyakan. Harga yang dianggarkan untuk konsumsi nasi kotak per paketnya cukup  fantastis, Rp 50 Ribu/ kotak.

Komisi DPRD Kota Batam menyoroti anggaran 2018 untuk konsumsi nasi kotak di Sekretariat Pemko Batam dalam Rapat Dengar Pendapat, Kamis (9/11) lalu.

Sejumlah anggota dewan menilai harga tersebut terlalu mahal. Rasanya kurang masuk akal dibanding harga normal yang saat ini berlaku di pasaran.

Apalagi saat ini Pemko sedang defisit.

“Nasi kotak apa yang harganya sampai Rp 50 ribu. Sedangkan yang harga 30 ribu aja sekarang sudah dapat dua lauk,” kata anggota komisi II, Idawati.

Ia juga protes karena harga setiap nasi kotak untuk kegiatan yang berbeda tidak sama. Misalkan,anggaran untuk petugas penjaga keamanan dengan anggaran untuk petugas lainnya bisa sama. Ada yang harganya Rp 35 ribu satu kotak dan ada yang harganya Rp 50 ribu satu kotak.

“Misalnya di sini, ada anggaran untuk anak yatim piatu Rp 35 ribu satu kotak. Tetapi ada anggaran untuk kegiatan lain Rp 50 ribu.Kenapa tidak diseragamkan saja Rp 30 ribu,” katanya lagi.

Menurutnya pembelian konsumsi untuk kegiatan yang bukan untuk internal pegawai ini kelihatan kecil. Tetapi sesungguhnya sangat besar. Ini karena satu acara bisa dihadiri ratusan atau ribuan orang misalnya Mtq, atau kegiatan lainnya.

Anggota komisi II lainnya, Ucok Tambusai juga menilai, anggaran untuk nasi kotak ini perlu dipertanyakan. Kenapa bisa untuk satu nasi kotak harganya Rp50 ribu. Tetapi di lain sisi,ada satu nasi kotak yang masih bisa dijangkau diharga Rp 35 ribu.

“Ini perlu diperbaiki lagi penganggarannya. Kok bisa dibeda-bedakan. Dan kenapa tidak disamakan saja di harga yang terendah,” katanya.

Sementara Dandis Rajagukguk anggota komisi II dari fraksi PDI Perjuangan melihat kurang bagusnya perencanaan anggaran oleh sekretariat Pemko Batam. Ia melihat untuk satu pos anggaran dan kegiatan yang sama harusnya nilai anggarannnya sama.

“Kalau memang sama-sama satu kegiatan kenapa sampai beda-beda anggarannya. Itu tidak boleh,” katanya.

Sementara itu Faisal Riza dari bagian administrasi pembangunan Setda Kota Batam mengatakan anggaran untuk nasi kotak Rp50 ribu itu besar karena selain nasi sudah termasuk makanan ringan. Meski demikian, ia mengaku bahwa ini masih akan diperbaiki lagi.

“Ini mungkin sudah termasuk teh atau pun snack. Tapi akan diperbaiki lagi,” katanya.

Harga Nasi Kotak di Batam

BANYAK usaha katering hingga rumah makan yang menawarkan paket nasi kotak di Batam. Baik untuk kebutuhan pemesanan sesaat hingga rutin bulanan.

Tim Beplus Indonesia mencoba mencari tahu pasaran harga nasi kotak di kota industri ini. Seperti di usaha katering Raja Katering Batam.

Pengelolanya menawarkan harga nasi kotak per paket di harga bervariasi. Mulai Rp 20 ribu hingga yang termahal sekitar Rp 30 ribu/ kotak.

Namun begitu, pengelola Raja Katering juga melayani paket harga nasi kotak custom. Maksudnya, harga menjadi fleksibel sesuai keinginan pemesan. Pengelola juga bisa menyediakan paket nasi kotak dengan harga yang bisa ditentukan sendiri oleh klien hingga menjadi lebih tinggi.

Kisaran harga nasi kotak juga bisa dilihat di situs-situs jual beli. Seperti misalnya olx. Zaman online seperti sekarang, para pelaku usaha seperti ini juga sudah gencar melakukan promosi secara online.

Harga yang ditawarkan juga tergolong murah. Sekitar Rp. 18 ribu dengan layanan penghantaran untuk pemesanan nasi kotak dengan jumlah tertentu.

 

 

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Batam

Selamat Menunaikan Puasa Ramadhan 1439 Hijriah

Advertisement

YANG BARU!

Advertisement

Dukung Kami!

To Top